Tak Banyak yang Tahu, Ternyata ini Awal Mula Penyebab Permusuhan Bonek dan Aremania!

Posted on

Permusuhan antara Bonek (suporter Persebaya Surabaya) dengan Aremania (suporter Arema) memang sudah lama terjadi, seperti halnya permusuhan antara Jak mania (suporter Persija) dan Bobotoh (suporter Persib). Kedua suporter sering terlibat tawuran karena beragam masalah. Namun, apakah yang menjadi awal mula penyebab permusuhan kedua suporter tersebut hingga berlanjut sampai hari ini? Berikut kami sajikan alasannya yang tak banyak diketahui, ternyata ini awal mula penyebab permusuhan Bonek dan Aremania!

Dilansir dari bombastis.com, awal mula penyebab permusuhan antara Bonek dengan Aremania adalah karena peristiwa di Tambaksari, tanggal 23 Januari 1990. Konflik bermula ketika para suporter bola tengah menyaksikan konser Kantata Takwa di Tambaksari, Surabaya. Sekitar 30 menit pertama sejak konser dimulai, para Bonek merasa geram karena area di depan panggung di kuasai oleh para arek-arek Malang, terlebih mereka terus bersorak, “Arema… Arema…” Bonek yang merupakan tuan rumah merasa terganggu.

Mereka pun menambah rombongan lebih banyak untuk berusaha memukul mundur orang-orang Malang sampai keluar dari Tambaksari. Namun, para Aremania tak begitu saja menyerah saat diusir oleh tuan rumah. Mereka melakukan perlawanan di luar Stadion. Tawuran hebat pun tak bisa dielak lagi, bahkan berlanjut sampai di sekitar Stasiun Gubeng.

Menurut cerita lain, perseteruan antara kedua suporter terjadi karena pendahulu Persebaya seperti H. Barmen dan Mudayat sangat meremehkan Malang. Mereka juga mengatakan jika tim-tim asal Malang tidak akan pernah bisa mengalahkan tim Surabaya. Jangankan menang, bermain seri saja akan sangat berat bagi tim Singo Edan. Pernyataan tersebut tentu menyakiti hati para suporter Malang.

Sumber:
bombastis.com
okezone.com
UCNews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *